Lokasi Survey Akademi Komunitas Mukomuko

Kabupaten Mukomuko

Kabupaten Mukomuko adalah salah satu kabupaten baru di provinsi Bengkulu, Indonesia yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara.
Secara astronomis Kabupaten Mukomuko terletak pada 101o01’15,1” – 101o51’29,6” Bujur Timur dan pada 02o16’32,0” – 03o07’46,0” Lintang Selatan. Suhu udara kota Mukomuko berkisar antara 21,10 C sampai dengan 34,60 C dengan curah hujan rata-rata 151,2 mm.
Secara administrasi Kabupaten Mukomuko berbatasan dengan :

Secara administratif, Kabupaten Mukomuko ini terbagi menjadi 15 Kecamatan, 132 Desa dan 4 Kelurahan. Pada tahun 2006 memiliki jumlah penduduk 131.984 jiwa yang terdiri dari 67.721 jiwa pria dan 64.263 jiwa wanita dengan tingkat kepadatan penduduknya sendiri mencapai 33 per Km2.
Sebagian besar penduduk Muko-muko ini merupakan transmigran yang berasal dari Jawa, Sunda, Minang, dan lain sebagainya. Sebab, Bengkulu termasuk mukomuko sejak zaman kolonial Belanda dijadikan “tanah harapan” bagi penduduk luar Bengkulu. Dari jumlah itu 37,4 persen suku Jawa, 6,3 persen suku Sunda, 5,4 persen Minang dan sisanya dari Bali, Bugis, Melayu, Rejang, Serawai, Lembak serta

Kondisi geografisnya sebagian besar merupakan daratan yang terdapat dibagian berat membujur searah pantai dari selatan ke utara, sedangkan di bagian timur topografinya berbukit-bukit terutama wilayah kecamatan Teras Terunkam.

Sebelah Utara dengan Propinsi Sumatra Barat, Sebelah Selatan dengan Kabupaten Mukomuko, Sebelah Timur dengan Prop Jambi, Sebelah Barat dengan Samudra Indonesia. Dari sisi hidrologis, Kabupaten Mukomuko memiliki beberapa Sungai besar yang berhulu disisi timur bukit barisan dan mengalir ke Samudra Indonesia.

Sebagian sungai-sungai tersebut merupakan sumber air kebutihan masyarakat setempat dan sunga irigasi sawah. Sumber irigasi yang terbesar berasal dari bendungan uang cukup terkenal di daerah ini yaitu Bendungan Air Manjunto yang pengoprasiannya dahulu diresmikan oleh Presiden Suharto. Secara geografis Kabupaten Mukomuko terletak membujur sejajar dengan Bukit Barisan pada 101001 15,1 101051 29,6 Bujur Timur dan pada 02016 32,0 03007 46,0 Lintang Selatan.

Posisi letak Kabupaten Mukomuko ini cukup strategis karena (1) terletak di pantai barat Sumatera yang merupakan jalur daerah tujuan wisata (DTW) utama pulau Sumatera, (2) dilintasi oleh Jalan Lintas barat (Jalinbar) Sumatera, dan (3) berada ditengah-tengah antara kota Bengkulu dengan kota Padang atau daerah perbatasan antara wilayah Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat.

Kabupaten Mukomuko memiliki luas wilayah darat 403. 670 Ha, dan luas wilayah laut 72.760 Ha jika di hitung sejauh 4 mil dari garis pantai. Dengan demikian, potensi sumberdaya wilayah Kabupaten Mukomuko tidak hanya sumberdaya yang tersedia pada lahan/daratan tetapi juga sumberdaya yang tersedia pada perairan laut samudera. Secara administrasi batas-batas wilayah Kabupaten Mukomuko adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumatera baratb.Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin Propinsi Jambi.c. Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara.d.Sebelah Barat : Berbatasan dengan Samudera Hindia

Sumber:http://sapunggou.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s